Blog

Inilah Berbagai Tugas Satpam Secara Umum dan Perannya

Inilah Berbagai Tugas Satpam Secara Umum dan Perannya

Tugas Satpam sangat penting terutama dalam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya baik di perusahaan, lembaga, instansi

Tugas Satpam sangat penting dalam bidang keamanan dimana ia bertugas. Satpam atau satuan pengamanan dibentuk oleh instansi maupun badan usaha untuk melakukan kegiatan keamanan fisik di lingkungan kerjanya.

Pelatihan yang Dibutuhkan oleh seorang Satpam

Untuk bisa menjadi seorang satpam, maka dibutuhkan pelatihan khusus. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan skill yang memadai untuk penyelenggaraan keamanan di lingkungan yang Anda inginkan. Berikut ini adalah jenjang pelatihan yang akan diambil oleh seorang satpam :

  • Dasar/ Gada Pratama : Pelatihan ini merupakan salah satu yang wajib untuk Anda jalani. Calon anggota satpam harus menjalaninya untuk meningkatkan interpersonal skill, mengetahui fungsi dan peran satpam, dan pengetahuan baris berbaris serta penghormatan.
  • Penyelia/ Gasa Madya : Pelatihan ini adalah tahap lanjutan bagi anggota satpam yang sebelumnya telah mendapatkan kualifikasi Gada Pratama.
  • Manajer keamanan/ Gada Utama : Pelatihan ini diikuti oleh siapa saja yang berada dalam tingkat manajer. Contohnya adalah chief security officer, manajer keamanan.

Penyelenggaraan pelatihan satpam ini diselenggarakan oleh Sekolah Polisi Negara. Selain itu, ada pula perusahaan yang sudah memiliki izin operasional dari Kepala Polri yang selanjutnya menjadi badan usaha jasa pendidikan dan pelatihan lanjutan satpam.

Baca juga: Harga Jasa Satpam

Kegiatan dan Tugas Satpam Secara Umum

Setelah mengikuti pelatihan, maka seornag satpam bisa menjalankan tugasnya. Tugas ini direalisasikan dalam kegiatan-kegiatan, seperti halnya :

  • Mencegah dan deteksi dini jika ada penyusupan, penerobosan di wilayah kuasa tempat perusahaan.
  • Mencegah dan deteksi dini kejadian pencurian, kehilangan, dan berbagai kejahatan lainnya.
  • Melindungi dan mengawasi terhadap bahaya fisik
  • Pengendalian, pengaturan lalu lintas untuk menjamin perlindungan¬† aset perusahaan tempat ia bekerja
  • Melaksanakan upaya kepatuhan dan menerapkan penegakan tata tertib terhadap kebijakan perusahaan, peraturan kerja dan praktik dalam pencegahan tindak kejahatan
  • Melapor dan menangani awal terhadap tindak pelanggaran
  • Melapor dan menangani kejadian dan permintaan bantuan satpam

Tugas Satpam

Untuk melaksanakan tugas dan kegiatannya dengan baik, maka seorang satpam membutuhkan berbagai kelengkapan, seperti halnya : buku saku lapangan serta alat tulis, senter, alat komunikasi, alat pelindung diri, seragam, serta alat bela diri. Secara khusus, manfaat setiap kelengkapan di atas adalah sebagai berikut :

  • Buku saku : mencatat kegiatan, orang dan barang yang patut dicurigai saat menjalankan tugas
  • Senter : membantu dalam perondaan malam di wilayah yang minim pencahayaan
  • Alat komunikasi : membantu komunikasi dengan satpam yang lain dan meminta bantuan saat keadaan darurat
  • Alat pelindung diri : digunakan ketika satpam bekerja di kawasan tertentu. Alat yang digunakan contohnya adalah safety helm, safety shoes dan jas hujan.
  • Seragam : digunakan sesuai aturan yang berlaku
  • Alat bela diri : berupa borgol, tongkat, dan alat perisai.

Seorang satpam juga bisa dilengkapi dengan senjata api yang diberikan oleh kepala kepolisian negara. Tugas satpam dengan senjata ini untuk lingkup tugas dan ancaman terhadap lingkungan kerjanya, seperti halnya bank, kantor bendahara, objek vital, dan lain-lain.

Tugas Satpam sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan, lembaga dan instansi. Hal ini memungkinkan bisa membantu terwujudnya keamanan di lingkungan tersebut.

Untuk memperoleh  jasa dari satpam, maka Anda bisa memakai jasa penyediaan satpam yang resmi dan terpercaya. Dengan begitu maka satpam akan memiliki skill yang terlatih untuk menguasai tugas dan perannya. Hal ini penting karena kualifikasi seorang satpam bisa memberikan pengaruh pada pekerjaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *